Stop Motion

Stop Motion

Pengertian Stop Motion

Stop motion berasal dari dua katz yaitu stop dan motion. Stop yang berarty berhenti dan motion yang berarti gerakan.
Jadi animasi Stop Motion adalah teknik membuat animasi atau film atau movie yang dibuat selolah olah potongan potongan gambar menjadi saling terhubung satu sama lain sehingga membentuk suatu gerakan atau cerita.

Awal terciptanya  animasi stop motion diciptakan

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkaa terkonsep secara matang.n, seperti keahlian dan ketelitian untuk menggerakkan obyek atau boneka, teknik pengambilan gambar yang tepat untuk komposisi gambar yang diperlukan dan untuk menghasilkan gambar yang bagus sert

Untuk menghasilkan kualitas stop motion yang baik dan efektif, tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat skenario atau skrip terlebih dulu, merancang dasar konsep obyek dan layout setting yang dibutuhkan agar sesuai dengan tema yang diinginkan.
Keahlian dalam editing dan menguasai penggunaan kamera dan software juga sangat mendukung dalam pembuatan video stop motion ini. Tahap pengeditan, pemberian efek, pencampuran audio dan video juga sangat berpengaruh agar hasil tampak sempurna dan mempunyai unsur cerita tersendiri.
Dalam membuat stop motion yang terkonsep jelas kita harus menyiapkan banyak gambar. Tidak hanya belasan gambar, bisa jadi puluhan sampai ratusan bahkan ribuan gambar. 

Cara kerja animasi stop motion

Cara kerja stopmotion yaitu mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu per satu frame, mengubah scene lagi dan memfoto satu framelagi, dan seterusnya. Atau lebih jelasnya obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak .

Pengertian Frame

Frame adalah satuan terkecil dalam sebuah video. Pada program aplikasi flash, frame diibaratkan seperti kertas hvs yang telah digambar atau dilukis, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 10 frame, maka diumpamakan seperti 10 kertas hvs dengan gambar yang sama. Apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut. karena frame tidak dapat berdiri sendiri.

Atau bisa juga disebut kombinasi gambar yang akan ditampilkan pada satuan waktu tertentu. Sebuah urutan frame akan membuat animasi. Setiap framenya akan ditampilkan pada layar sampai frame berikutnya menimpa frame sebelumnya. Karena setiap frame akan ditampilkan pada layar untuk jangka waktu yang singkat.

Perkembangan dari animasi stop motion

Pada mulanya pembuatan animasi stop motion masih menggunkan objek yang sangat sederhana, berupa boneka yang bisa digerakkan dengan tali dan tangan, dan di Indonesia sendiri terkenal dengan wayang. Gambar yang berurutan, ataupun tanah liat yang mudah diubah bentuknya, seringkali dipakai juga sebagai objek dalam pembuatan animasi ini. Ketika animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika, J. Stuart Blackton adalah orang pertama kali yang mengenalkan teknik ini dalam filmnya berjudul, Fun in a Bakery Shop yang menggunakan clay. Selanjutnya pada tahun 1906, Stuart Blackton kembali membuat film animasi pendek dengan judul Humourous Phases of Funny Faces, yang dibuat dengan menggunakan media papan tulis dan kapur tulis. Menggambarkan ekspresi wajah seorang tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambarkan ekspresi selanjutnya. Lalu teknik tersebut semakin berkembang hingga pada tahun 1925, Willis OBrien mencoba membuat film tentang dinosaurus yang terbuat dari clay (plastisin/tanah liat) dengan judul The Lost World dan disusul dengan karya klasiknya berjudul King Kong pada tahun 1933. Sejak itu, stop motion animation semakin dikenal dengan sebutan claymation. Kini semakin banyak aja karya claymation yang sukses di pasaran, Pelan namun pasti, perkembangan animasi stop motion terus berjalan seiring dengan kecanggihan teknologi dan komputer animasi.





0 comments "Stop Motion", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment