ANIMASI KOMPUTER

ANIMASI KOMPUTER


Pengertian

Animasi komputer atau animasi CGI adalah proses yang digunakan untuk menghasilkan gambar animasi dengan menggunakan komputer grafis. Yang lebih umum istilah komputer-generated imagery meliputi baik adegan statis dan gambar dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada gambar bergerak.Animasi komputer modern biasanya menggunakan komputer grafis 3D, meskipun 2D komputer grafis masih digunakan untuk gaya, bandwidth rendah, dan lebih cepat rendering real-time. Kadang-kadang target animasi adalah komputer itu sendiri, tapi kadang-kadang target adalah media lain, seperti film.

Animasi komputer pada dasarnya adalah penerus digital dengan teknik stop motion yang digunakan dalam animasi tradisional dengan model 3D dan frame-by-frame animasi ilustrasi 2D. Komputer animasi yang dihasilkan lebih terkendali daripada proses lebih didasarkan fisik lainnya, seperti membangun miniatur untuk efek gambar atau menyewa tambahan untuk adegan keramaian, dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang tidak layak menggunakan teknologi lainnya. Hal ini juga dapat memungkinkan seorang seniman grafis tunggal untuk menghasilkan konten tersebut tanpa menggunakan aktor, potongan set mahal, atau alat peraga. Untuk menciptakan ilusi gerakan, gambar ditampilkan pada monitor komputer dan berulang kali diganti dengan gambar baru yang mirip dengan itu, tapi sedikit maju dalam waktu (biasanya pada tingkat 24 atau 30 frame / detik). Teknik ini identik dengan bagaimana ilusi gerakan dicapai dengan gambar televisi dan film.Untuk animasi 3D, objek (model) yang dibangun di atas monitor komputer (dimodelkan) dan angka 3D yang dicurangi dengan kerangka virtual. Untuk animasi 2D angka, benda yang terpisah (ilustrasi) dan lapisan transparan yang terpisah digunakan, dengan atau tanpa kerangka virtual.Kemudian anggota badan, mata, mulut, pakaian, dll gambar digerakkan oleh animator pada frame kunci. Perbedaan dalam penampilan antara frame kunci otomatis dihitung oleh komputer dalam proses yang dikenal sebagai tweening atau morphing. Akhirnya, animasi diberikan.Untuk animasi 3D, semua frame harus diberikan setelah pemodelan selesai. Untuk animasi vektor 2D, proses rendering adalah proses ilustrasi bingkai kunci, sedangkan frame tweened tersebut diberikan sesuai kebutuhan. Untuk presentasi pra-rekaman, frame diberikan ditransfer ke format yang berbeda atau media seperti film atau video digital. Frame juga dapat diberikan secara real time seperti yang disajikan kepada khalayak pengguna akhir. Animasi bandwidth rendah ditransmisikan melalui internet (misalnya 2D Flash, X3D) sering menggunakan perangkat lunak pada komputer pengguna akhir untuk membuat secara real time sebagai alternatif untuk animasi bandwidth tinggi streaming, atau pre-loaded.

Sejarah

Animasi komputer digital awal dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A.Michael Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National Laboratory.

Sebuah langkah awal dalam sejarah animasi komputer adalah sekuel tahun 1973 filmWestworld, sebuah film fiksi ilmiah tentang masyarakat di mana robot tinggal dan bekerja di antara manusia. Sekuel, Futureworld (1976), menggunakan pencitraankawat-frame 3D yang menampilkan tangan yang dihasilkan komputer dan wajah yang dibuat oleh University of Utah lulusan Edwin Catmull dan Fred Parke. Citra ini awalnyamuncul dalam film siswa mereka Sebuah Tangan Animated Computer, yang merekaselesai pada tahun 1971. [1]Pertama fitur-panjang film animasi komputer adalah 1995film Toy Story oleh Pixar. [2] Ini mengikuti petualangan berpusat di sekitar mainan danpemiliknya. Film terobosan adalah yang pertama dari banyak film animasi komputer sepenuhnya.

Komputer animasi dibuat film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010),  Avatar (2009),
Shrek 2 (2004), Cars 2 (2011), dan Kehidupan Pi (2012).
  
Awalnya proses pembuatan animasi melibatkan penggunaan gambar tangan (manual), setelah kemajuan teknologi ditemukanlah komputer, dengan komputer maka beban yang dikerjakan oleh para animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai teknologi canggih dengan adanya komputer lebih mempermudah pembuatan animasi, dan konsep tiga dimensi (3D) animasi pun menjadi mungkin. Melalui perangkat lunak dan pengembangan perangkat keras, komputer dapat menciptakan ruang 3D virtual untuk proses animasi. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk mengedit urutan animasi karena lebih mudah untuk mengubah informasi digital. Namun, kita juga harus ingat bahwa sudut pandang yang diberikan pada animasi 3D akan menjadi sama dengan animasi 2D. Kedua jenis animasi yang ditampilkan pada permukaan 2D,  merupakan layar. Satu-satunya perbedaan adalah seniman memiliki kontrol lebih besar atas animasi 3D dibandingkan animasi 2D. Dalam animasi 2D, jika sudut pandang perlu diaktifkan, seniman harus kembali menggambar gambar dalam sudut yang berbeda. Namun, dalam animasi 3D, semuanya adalah model 3D dalam dunia virtual 3D. Itu berarti para seniman hanya perlu mengganti tampilan kamera dengan menggunakan bantuan software. Dengan demikian, itu membuat animasi 3D lebih mudah untuk memproses dan terlihat lebih realistis.
Animasi grafis tidak hanya berhenti di film dan gambar gambar bergerak, tetapi juga maju ke bidang yang berbeda dengan bantuan teknologi baru. Komputer dapat membuat foto realistis tanpa bantuan kamera dan akhirnya membuat footages animasi yang tampak seperti mereka tangkap oleh kamera video. Perangkat  video capture menjadi lebih canggih dan kuat. Film dapat direkam dengan resolusi sangat tinggi, dan proses transfer kepada konsumen menjadi lebih mudah. Namun demikian, peran teknologi memainkan bagian yang sangat besar dalam animasi, karena teknologi mempengaruhi perkembangan hardware dan software baru untuk proses pembuatan animasi. Bukan hanya itu, kemajuan perangkat capture seperti kamera video juga dapat menghasilkan film dengan resolusi yang lebih tinggi, sehingga membuat Computer Graphic Pencitraan (CGI) sangat fokus.

Sekitar beberapa ratus tahun yang lalu di mana tidak ada mikroprosesor, proses pembuatan animasi lambat dan kualitas tidak benar-benar baik. Namun, sebagai teknologi baru yang ditemukan seperti komputer, proses render film menjadi lebih mudah setiap hari. Namun, karena teknologi baru memungkinkan gambar untuk memiliki resolusi sangat tinggi, daya perangkat keras pengolahan juga menjadi tantangan. Dengan "tenaga kuda" adanya komputer CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphic Processing Unit), waktu render untuk gambar selama 20 tahun terakhir hanyamenghabiskan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Namun, karena resolusi tinggi, proses render akan memakan waktu lebih lama. Misalnya, film "Transformers", sebuah film tentang robot alien yang mencoba untuk menyerang bumi. Satu detik dari film biasanya memiliki 24 frame, dan kita dapat melihat lama waktu yang diperlukan untuk membuat rekaman CGI yang mengagumkan dengan teknologi terbaru yang tersedia.

Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .

Konsep dasar yang digunakan dalam pembuatan animasi komputer

A. Manual.
Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti cars, nemo, toy story, dan lainnya. karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain)

B. Motion Capture
Adalah metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital kita. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. misalnya pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samurai

C. Dynamic simulation
Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan. lalu disimulasikan secara realtime. terdapat beberapa penghitungan sebelum objek di animasikan, misalnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain sebagainya. contoh animasi yang menggunakan metode ini: animasi bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll

D. Particle
Adalah sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.


0 comments "ANIMASI KOMPUTER", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment