ANIMASI
TRADISIONAL
Pengertian Animasi Tradisional
Animasi
Tradisional adalah tkhnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini.
Animasi tradisional juga dikenali sebagai animasi cel atau animasi yang
dihasilkan dengan tangan iaitu setiap proses melibatkan tangan.Animasi
tradisional merupakan proses yang digunakan untuk filem-filem animasi
yang paling lama iaitu pada abad ke-20.Bingkai individu filem animasi
tradisional adalah gambar-gambar lukisan, yang mula-mula dilukis di atas
kertas. Untuk mencipta ilusi pergerakan, setiap lukisan berbeza sedikit
daripada yang sebelumnya. Lukisan yang animator dikesan atau salinan ke
helaian telus yang dipanggil cels, yang dipenuhi dengan cat dengan
warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah yang bertentangan dengan
lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar satu demi satu ke
filem filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Proses
animasi cel tradisional menjadi usang pada awal abad ke-21. Hari ini,
lukisan animasi dan latar belakang sama ada diimbas ke dalam atau dikeluarkan
terus ke dalam sistem komputer. Pelbagai program perisian yang digunakan
untuk warna lukisan dan simulasi pergerakan kamera dan kesan. Sekeping
akhir animasi keluaran kepada salah satu daripada beberapa media penyampaian,
termasuk filem mm tradisional 35 dan media seperti video digital yang
baru. "Melihat" animasi cel tradisional masih dikekalkan, dan
kerja-kerja animator watak 'kekal pada dasarnya sama sejak 70 tahun yang
lalu. Sesetengah pengeluar animasi telah menggunakan istilah
"tradigital" untuk menggambarkan animasi cel yang menggunakan
teknologi komputer yang banyak.
Disebut Animasi Tradisional ??
Disebut
dengan animasi tradisional karena animasi ini memiliki teknik yang digunakan
saat pertama kali film animasi itu bermunculan. Untuk menciptakan ilusi gerakan,
setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Caranya dengan
menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas transparan yang disebut cels.
Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna yang berbeda dan juga warna
shading yang beda. Nanti gambar karakter yang sudah di gambar di cel, di foto
satu per satu dalam filem yang latar belakangnya sudah di cat.
Contoh Animasi Tradisiona
Yang
menjadi contoh Animasi Tradisional seperti animasi pada film Pinocchio (Amerika
Serikat, pada tahun1940), Animal
Farm (United Kingdom, 1954), dan Akira (Jepun, 1988). Film-film animasi
tradisional yang dihasilkan dengan bantuan teknologi komputer termasuk
didalamnya animasi The Lion King (US, 1994) Sen to Chihiro no Kamikakushi
(Spirited Away) (Jepun, 2001), dan Les Triplettes de Belleville (2003).
Film
animasi sepenuhnya boleh dilakukan dalam berbagai gaya, dari kerja-kerja
animasi yang lebih realistik seperti yang dihasilkan oleh studio Walt Disney
(Beauty dan Beast, Aladdin, Lion King) kepada gaya yang lebih 'cartoony'
orang-orang yang dihasilkan oleh Warner Bros animasi studio.
Tipe Animasi Tradisional
1. Tipe
animasi tradisional
Cel animation
- Berdasarkan
pada perubahan yang terjadi dari satu frame ke frame berikutnya
- Digambar
pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation) yang
sekarang
- Bina
Nusantara digantikan oleh layer-layer digital
- Path
animation
- Menggerakkan
obyek di layar di sepanjang jalur yang telah ditentukan
Jenis- jenis Animasi Tradisional
1. Jenis
– jenis animasi tradisional
a. Zoetrope
(180 AD; 1834)
Zoetrope
adalah perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak. Awal [rujukan?]
Zoetrope dasar diciptakan di China sekitar 180 Masehi oleh penemu Ting Huan
produktif (丁缓).
Terbuat dari kertas tembus atau panel mika, Huan tergantung perangkat di atas
lampu. Udara berubah naik baling-baling di bagian atas dari yang tergantung
gambar dilukis di panel akan muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada
kecepatan yang tepat [5] [6] [7] [8].
Para
zoetrope modern diproduksi pada tahun 1834 oleh William George Horner.
Perangkat dasarnya adalah sebuah silinder dengan celah vertikal di sekitar
sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari silinder ada serangkaian gambar di sisi
berlawanan dengan celah. Sebagai silinder diputar, pengguna kemudian terlihat
melalui celah untuk melihat ilusi gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam
program animasi untuk menggambarkan konsep awal animasi.
b. Lentera
ajaib
Lentera
ajaib adalah pendahulu dari proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak
tembus dan lampu sederhana. Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar
akan muncul lebih besar pada permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara
tentang hal ini berasal dari Cina pada abad ke-16 [rujukan?]. Beberapa slide
untuk lentera berisi bagian-bagian yang bisa digerakkan secara mekanis untuk
menyajikan gerakan terbatas di layar.
c. Thaumatrope
(1824)
Thaumatrope
Sebuah mainan sederhana yang digunakan di era Victoria. Thaumatrope adalah disk
lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang
melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika
string adalah memutar-mutar cepat antara jari, dua gambar muncul untuk
bergabung menjadi satu gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi,
kemampuan otak untuk terus merasakan gambar. Penemuan adalah dikreditkan
beragam [rujukan?] Charles Babbage, Peter Roget, atau John Ayrton Paris, tetapi
Paris diketahui telah digunakan untuk menggambarkan satu fenomena Phi pada 1824
ke Royal College of Physicians.
d. Phenakistoscope
(1831)
Sebuah
disk phenakistoscope oleh Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah
perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope tersebut. Ini diciptakan pada
tahun 1831 bersamaan dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer
Austria.
e. Sandal
buku (1868)
Buku
Flip pertama dipatenkan pada 1868 oleh John Barnes Linnet. Buku sandal itu lagi
pembangunan yang membawa kita lebih dekat dengan animasi modern. Seperti
zoetrope, Kitab flip menciptakan ilusi gerak. Satu set gambar berurutan
membalik pada kecepatan tinggi menciptakan efek ini. Para Mutoscope (1894) pada
dasarnya adalah sebuah buku sandal dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol
untuk membalik halaman.
f. Praxinoscope
(1877)
Para
praxinoscope, ditemukan oleh ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud,
merupakan versi lebih canggih dari zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme
dasar yang sama strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar,
tapi bukannya melihat melalui celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil,
cermin stasioner di sekitar bagian dalam silinder, sehingga animasi akan
tinggal di tempat, dan memberikan gambar lebih jelas dan kualitas yang lebih
baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yang
dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang disebut Optique Théâtre.
Cara Kerja Animasi Tradisional
Cel
animasi mengacu kembali ke cara Tradisional animasi dalam satu
set gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak diciptakan yang sedikit
berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan tindakan-tindakan
tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas. Lembar jelas adalah dikenal
sebagai cel dan merupakan media untuk menggambar frame. Sekarang menggambar
garis besar untuk foto-foto dan pewarnaan mereka pada kembali dari cel
tersebut. Cel merupakan metode yang efektif yang membantu untuk menghemat
banyak waktu dengan menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga
memungkinkan untuk menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang
lain atau cels setiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak
perlu menggambar gambar yang identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan
animasi sebelumnya yang dapat dimanfaatkan bila diperlukan.
Mewarnai
latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu gambar, karena
mencakup seluruh gambar. Latar Belakang membutuhkan shading dan pencahayaan dan
dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama. Kemudian gunakan kamera digital
Anda untuk memotret gambar-gambar ini. Sekarang, animasi cel dibuat ekstra
menarik melalui penggunaan gambar-gambar bersama dengan musik, efek
suara dan pencocokan asosiasi waktu untuk setiap efek. Misalnya Untuk
menunjukkan ini kartun, 10-12 frame yang dimainkan dalam suksesi cepat per
detik untuk menawarkan ilustrasi gerak dalam sebuah animasi cel.
Perbandingan antara Thaumatrope dan
Zoetrope
- Thaumatrope
Paul Roget (Perancis, 1828) penemu Thaumatrope, yaitu sebuah
kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan itu
memiliki dua gambar pada sisi-sisinya. Satu sisi bergambar burung, satu sisi
lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan berputar maka burung seolah
masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu
waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak. Thaumatrope ini
menunjukkan fenomena Phi, yaitu kemampuan otak untuk terus-menerus melihat
gambar, sedangkan ..
- Zoetrope
Pierre
Desvignes (Perancis, 1860) penemu Zeotrope, adalah selembar kertas bergambar
yang dimasukan pada sebuah tabung. Lalu mata akan melihat gambar tersebut
melalui cermin bersamaan dengan adanya pegas yang membuat tabung berputar
sehingga satu serial gambar terlihat secara progresif menjadi gambar yang
bergerak berkelanjutan.
Pada dasarnya, ada perbedaan yang benar-benar kecil
antara animasi "tradisional" dan animasi komputer; perbedaan utama
adalah dalam alat yang digunakan untuk membuat animasi ini, biaya dan usaha
yang terlibat dalam proses, dan kualitas hasil akhir.
Animasi tradisional adalah proses yang sangat manual
karena menggunakan tangan, animasi 2D dicapai dengan ratusan-ribu gambar frame
dan dibuat seara manual. Mentransfer satu frame ke frame lain, membersihkan
cels plastik, cat tangan, dan kemudian film secara berurutan atas gambar
latar belakang. Proses ini membutuhkan tim seniman, seniman clean-up (tim yang
membuat gambar kasar jadi lebih rapih), pelukis, sutradara, seniman latar
belakang, dan kru film / kamera, bersama dengan seniman storyboard dan penulis
naskah untuk bekerja di luar konsep asli, untuk proyek skala besar, jumlah
waktu, tenaga , dan peralatan yang terlibat juga berjumlah sangat banyak.
0 comments "Jawaban Tugas 3", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment