ANIMASI KOMPUTER
Pengertian
Animasi komputer atau animasi CGI adalah proses yang digunakan
untuk menghasilkan gambar animasi dengan menggunakan komputer grafis. Yang
lebih umum istilah komputer-generated imagery meliputi baik adegan statis dan
gambar dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada gambar bergerak.Animasi
komputer modern biasanya menggunakan komputer grafis 3D, meskipun 2D komputer
grafis masih digunakan untuk gaya, bandwidth rendah, dan lebih cepat rendering
real-time. Kadang-kadang
target animasi adalah komputer itu sendiri, tapi kadang-kadang target adalah
media lain, seperti film.
Animasi
komputer pada dasarnya adalah penerus digital dengan teknik stop motion yang
digunakan dalam animasi tradisional dengan model 3D dan frame-by-frame animasi
ilustrasi 2D. Komputer
animasi yang dihasilkan lebih terkendali daripada proses lebih didasarkan fisik
lainnya, seperti membangun miniatur untuk efek gambar atau menyewa tambahan
untuk adegan keramaian, dan karena itu memungkinkan penciptaan gambar yang
tidak layak menggunakan teknologi lainnya. Hal
ini juga dapat memungkinkan seorang seniman grafis tunggal untuk menghasilkan
konten tersebut tanpa menggunakan aktor, potongan set mahal, atau alat peraga. Untuk
menciptakan ilusi gerakan, gambar ditampilkan pada monitor komputer dan
berulang kali diganti dengan gambar baru yang mirip dengan itu, tapi sedikit
maju dalam waktu (biasanya pada tingkat 24 atau 30 frame / detik). Teknik
ini identik dengan bagaimana ilusi gerakan dicapai dengan gambar televisi dan
film.Untuk
animasi 3D, objek (model) yang dibangun di atas monitor komputer (dimodelkan)
dan angka 3D yang dicurangi dengan kerangka virtual. Untuk
animasi 2D angka, benda yang terpisah (ilustrasi) dan lapisan transparan yang
terpisah digunakan, dengan atau tanpa kerangka virtual.Kemudian
anggota badan, mata, mulut, pakaian, dll gambar digerakkan oleh animator pada
frame kunci. Perbedaan
dalam penampilan antara frame kunci otomatis dihitung oleh komputer dalam
proses yang dikenal sebagai tweening atau morphing. Akhirnya, animasi diberikan.Untuk
animasi 3D, semua frame harus diberikan setelah pemodelan selesai. Untuk
animasi vektor 2D, proses rendering adalah proses ilustrasi bingkai kunci,
sedangkan frame tweened tersebut diberikan sesuai kebutuhan. Untuk
presentasi pra-rekaman, frame diberikan ditransfer ke format yang berbeda atau
media seperti film atau video digital. Frame
juga dapat diberikan secara real time seperti yang disajikan kepada khalayak
pengguna akhir. Animasi
bandwidth rendah ditransmisikan melalui internet (misalnya 2D Flash, X3D)
sering menggunakan perangkat lunak pada komputer pengguna akhir untuk membuat
secara real time sebagai alternatif untuk animasi bandwidth tinggi streaming,
atau pre-loaded.
Sejarah
Animasi komputer digital awal dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A.Michael Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National Laboratory.
Sebuah langkah awal dalam sejarah animasi komputer adalah sekuel tahun 1973 filmWestworld, sebuah film fiksi ilmiah tentang masyarakat di mana robot tinggal dan bekerja di antara manusia. Sekuel, Futureworld (1976), menggunakan pencitraankawat-frame 3D yang menampilkan tangan yang dihasilkan
komputer dan
wajah yang
dibuat oleh University of Utah lulusan Edwin Catmull dan Fred Parke. Citra ini awalnyamuncul dalam film siswa mereka Sebuah Tangan Animated Computer, yang merekaselesai pada tahun 1971. [1]Pertama fitur-panjang film animasi komputer adalah 1995film Toy Story oleh Pixar. [2] Ini mengikuti petualangan berpusat di sekitar mainan danpemiliknya. Film terobosan adalah yang pertama
dari banyak
film animasi komputer sepenuhnya.
Komputer animasi dibuat film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010), Avatar (2009),
Shrek 2 (2004), Cars 2 (2011), dan Kehidupan Pi (2012).
Awalnya proses pembuatan animasi
melibatkan penggunaan gambar tangan (manual), setelah kemajuan teknologi
ditemukanlah komputer, dengan komputer maka beban yang dikerjakan oleh para
animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai teknologi canggih dengan adanya komputer
lebih mempermudah pembuatan animasi, dan konsep tiga dimensi (3D) animasi pun
menjadi mungkin. Melalui perangkat lunak dan pengembangan perangkat keras,
komputer dapat menciptakan ruang 3D virtual untuk proses animasi. Hal ini juga
membuat lebih mudah untuk mengedit urutan animasi karena lebih mudah untuk
mengubah informasi digital. Namun, kita juga harus ingat bahwa sudut pandang
yang diberikan pada animasi 3D akan menjadi sama dengan animasi 2D. Kedua jenis
animasi yang ditampilkan pada permukaan 2D, merupakan layar. Satu-satunya
perbedaan adalah seniman memiliki kontrol lebih besar atas animasi 3D
dibandingkan animasi 2D. Dalam animasi 2D, jika sudut pandang perlu diaktifkan,
seniman harus kembali menggambar gambar dalam sudut yang berbeda. Namun, dalam
animasi 3D, semuanya adalah model 3D dalam dunia virtual 3D. Itu berarti para
seniman hanya perlu mengganti tampilan kamera dengan menggunakan bantuan
software. Dengan demikian, itu membuat animasi 3D lebih mudah untuk memproses
dan terlihat lebih realistis.
Animasi grafis
tidak hanya berhenti di film dan gambar gambar bergerak, tetapi juga maju ke
bidang yang berbeda dengan bantuan teknologi baru. Komputer dapat membuat foto
realistis tanpa bantuan kamera dan akhirnya membuat footages animasi yang tampak
seperti mereka tangkap oleh kamera video. Perangkat video capture menjadi lebih canggih
dan kuat. Film dapat direkam dengan resolusi sangat tinggi, dan proses transfer
kepada konsumen menjadi lebih mudah. Namun demikian, peran teknologi memainkan
bagian yang sangat besar dalam animasi, karena teknologi mempengaruhi
perkembangan hardware dan software baru untuk proses pembuatan animasi. Bukan
hanya itu, kemajuan perangkat capture seperti kamera video juga dapat
menghasilkan film dengan resolusi yang lebih tinggi, sehingga membuat Computer
Graphic Pencitraan (CGI) sangat fokus.
Sekitar
beberapa ratus tahun yang lalu di mana tidak ada mikroprosesor, proses
pembuatan animasi lambat dan kualitas tidak benar-benar baik. Namun, sebagai
teknologi baru yang ditemukan seperti komputer, proses render film menjadi
lebih mudah setiap hari. Namun, karena teknologi baru memungkinkan gambar untuk
memiliki resolusi sangat tinggi, daya perangkat keras pengolahan juga menjadi
tantangan. Dengan "tenaga kuda" adanya komputer CPU (Central
Processing Unit) dan GPU (Graphic Processing Unit), waktu render untuk gambar
selama 20 tahun terakhir hanyamenghabiskan beberapa detik untuk
menyelesaikannya. Namun, karena resolusi tinggi, proses render akan memakan
waktu lebih lama. Misalnya, film "Transformers", sebuah film tentang
robot alien yang mencoba untuk menyerang bumi. Satu detik dari film biasanya
memiliki 24 frame, dan kita dapat melihat lama waktu yang diperlukan untuk
membuat rekaman CGI yang mengagumkan dengan teknologi terbaru yang tersedia.
Perkembangan
teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan
berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum
dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi
kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa
depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan
terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan
nyata 3D .
Konsep
dasar yang digunakan dalam pembuatan animasi komputer
A. Manual.
Metode ini mengandalkan
kemampuan animator secara penuh. seluruh gerakan dibuat dengan insting dan
skill animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti
cars, nemo, toy story, dan lainnya. karena sifat gerak dari karakter yang ada
disitu adalah hasil rekaan manusia. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga
prinsip animasi yang lain)
B. Motion Capture
Adalah metode
animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan
geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital
kita. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. misalnya
pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film
dengan spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samurai
C. Dynamic simulation
Metode ini
menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan. lalu
disimulasikan secara realtime. terdapat beberapa penghitungan sebelum objek di
animasikan, misalnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan
angin dan lain sebagainya. contoh animasi yang menggunakan metode ini: animasi
bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll
D. Particle
Adalah
sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah
pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung,
dan sebagainya.
0 comments "ANIMASI KOMPUTER", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment